Minyak dan Lemak Apa Bedanya?





Lemak dan minyak adalah sumber energi utama, selain Karobohidrat dan protein. Lemak/Minyak menghasilkan energi  sebesar 9 kkal/gram. Keduanya dapat sama-sama larut di pelarut non polar ( pelarut organik) jadi keduanga tidak larut dalam air (polar). Lemak terdapat pada hewan darat. Sedangkan minyak terdapat pada hewan laut dan  hasil tumbuhan. Nah bedanya pada suhu kamar Lemak bewujud padat sedangkan minyak berwujud cair. Titik didih lemak tinggi karena ikatan antar atom C-nya  tunggal ( jenuh) sedangkan minyak mengandung ikatan rangkap antar atom C nya (tidak Jenuh). Ikatan rangkap dari minyak ini yang mudah sekali rusak karena teroksidasi dan terhidrolisis dengan air pada suhu tertentu.  Lemak secara kimia tidak mudah rusak dari minyak dikarenakan ikatannya yang jenuh. Tapi karena sama-sama mengandung asam lemak maka sama-sama akan rusak dengan teroksidasi membentuk sutu sneyawa aldehid dan keton sehingga muncul lah bau tengik. Proses tersebut dinamakan (rancidifity) ketengikan.  Nah  udah tau kan munculnya bau tengik itu dari mana sekarang?

Kalao sudah tahu bagaimana terbentukan ya bau tengik itu... bagaiman cara mencegahnya? Caranya dengan menceganhnya supaya tidak cepat teroksidasi. Caranya dengan menjauhkan dari paparan sinar matahari langsung, ditempatkan pada wadah yang gelap dan tertutup.

Comments

  1. Ok...

    What I'm going to tell you may sound pretty creepy, and maybe even kind of "strange"

    WHAT if you could just click "Play" and listen to a short, "magical tone"...

    And magically bring MORE MONEY to your life???

    I'm talking about hundreds... even thousands of dollars!!

    Sound too EASY??? Think it's IMPOSSIBLE?

    Well then, I'll be the one to tell you the news..

    Sometimes the largest blessings life has to offer are the SIMPLEST!!

    Honestly, I'm going to PROVE it to you by allowing you to listen to a real-life "magical money-magnet tone" I've synthesized...

    YOU just click "Play" and watch how money starts piling up around you... starting almost INSTANTLY...

    CLICK here now to enjoy the magical "Miracle Money Tone" - as my gift to you!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara membuat NaOH 10%

TEORI ASAM BASA