Lulusan kimia jadi apa?





Masih berlajut nih..dari bahasan sebelumnya. Kalau sudah mantap dengan label anak kimia. Mari tahu lebih lanjut...nanti kalau sudah lulus dari kimia jadi apa...

Haha harusnya pertanyaan iu tidak muncul sih.. karena seharusnya ya sebeum kita memilih kimia sebagai jurusan kuliah sudah mau jadi apa dan baru ambil jurusan kimia sebagai pembantu langkah selanjtnya . Tapi kalau logiknya kebalik ... baru mikir kalau aku asuk kimia jadi apa karena masukny kare nyasar...ya yuk mari ngga perlu tengok ke belakang persiapkan diri saja menghadap masa depan.
Jadi mahasiswa kimia setelah lulus bis ajadi apa?. jadi pegawai bank juga bisa. Eh kok gitu. haha bercanda. Itu kalau kamu mau nyari ngga sejalur sama studi kuliah sih haha.

Kita bicarain yang lurus lurus aja kali yaa
Lulusan kimia bisa masuk di perusahaan/ industri sebagai
  • Staff Research and Development
  • Quality Control / QC atau QA
  • Peneliti di LIPI
  • Peneliti di BATAN
  • Laborat
  • Dosen
  • Membuat produk sendiri (sebagai wirausahawan/ wirusahawati)

Dari list dia atas ya emang intinya banyak yang bekerja di bidang pengawasan, pengembanagan dan penelitian di suatu industri. Keren dong yaa,, walaupun sama-sama karywan taoi kita punya seragam jas putih sendiri, beda dengan karyawan lainnya. Tapi balik lagi kalau mau diterima di suatu perusahaan nggga serta merta kamu lulus langsung bisa masuk aja. Kenapa? karena orang yang mempunyai ijazah Sarjana sains dari kimia itu Banyak. Bayangkan ada berapa universitas di Indonesia baik negeri maupun swasta yang mengeluarkan banyak sekali lulusan kimi asetiap periodenya (lain kali saya carikan risetnya, kalau inget). Aliias lulusan ini pasti banyak saingan. Makanya selain belajar Kimia di kampus, kita harus mengasah softskill dan Hobi lain seperti kemampuan bahasa Ingggris. Itu wajib bukan sunnha lagi ya hukumnya. Intinya kita harus selalu mengemabangkan diri ke arah postif menjadi SDM unggul yang menjual, gitu sih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat NaOH 10%

TEORI ASAM BASA

Minyak dan Lemak Apa Bedanya?