Aku Harus Bagaimana Kalau Diterima Di Jurusan Kimia


Hai, sudah ada yang di jurusan kimia di universitas idaman?

Artikel ini saya persembahkan untuk adik-adik yang akan mengenyam pendidikan mendalami kimia sampai empat tahun ke depan (semog asaja enggak lebih). Persipan pertama ketika masuk kuliah sebagai mahasiswa Kimia adalah.. perisapkan mental mengahdapi pertanyaan..
"wah kamu anak kimia ya.. bisa bikin bom?" pertanyan itu bakal kamu hadapi ngga cuma sekali, bahkan bisa berulang kali ketika ketemu dengan orang yang baru tahu kamu anak Kimia. Saranku sih jawab santai aja, ngga usah dipikir berat-berat.


Jadi setelah masuk kuliah Kimia pertama kali kamu akan mempelajari dasar-dasar sains, hampir mirip materi SMA sih ... ada Matemaika dasar, Fisika dasar, Biologi dasar, dan tentunya Kimia dasar. Di awal-awal kuliah kita masih diberi mata kuliah yang wajib diambil bisanya di semester awal sih dapat 22 sks. Nikmati saja mssa awal-awal semester ini sebagai masa adaptasi refresh ingatan sejenak dengan mata kuliah yang tidak asing. Selain materi yang penuh dengan teori nanti kalian juga akan masuk ke gedung Laboratorium alias mengenakan jas putih (jas lab) dan belajar di lab. Asyiknya anak sains terutama Kimia ya ... di sini, di Laboratium. Kalau kuliah teori biasnya diajar sama dosen nah kalau di lab nanti juga sama diajar dosen tapi dibantu dengan asisten laboratorium dan laboran. Anak kimia jangan kira cuma main di lab kimia saja ya... karena di semester awal kalian tetep akan menjalani mata praktikum fisika dan biologi. Asyik kan... Kallau praktikum biasanya akan dilakukan berkelompok dan kelomoknya tetap. Praktikum ngga cuma asyik di lab tetapi tugas sesudahnya yakni buta laporan praktikumnya. Jangan bingung laporan itu membahas apa? laporan praktikum adalah penjelasan mengenai apa yang kita lakukan itu cocok dengan teori apa tidak. O iya selain matakuliah dasar biasanya di semester awal juga akan mendapat mata kuliah umum seperti Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dll.

Nah melangkah lebih jauh sebentar dari semster awal. Nantinya kalian di tingkat sarjana ini akan mendalami penjurusan dari cabang ilmu kimia itu. penjurusan itu untuk apa? ya untuk memfokusksn skripsi kalian. Penjurusan kimia nya apa saja? simak baik-baik yaa cabangnya :
  • kimia fisik
  • kimia anorganik
  • kimia organik
  • kimia analitik
  • kimia pangan
  • kimia komputasi

Kalau sudah memilih salah satu...artinya kalian akan mendapatkan gelar Sarjana Sains. Eh tapi dimanapun luruskan dulu niatnya yakni mencari ilmu, bukan hanya mencari gelar. Masih bingung dengan cabang kimia itu pa aja? baca postingan selanjutnya yaa. Semnagat memasuki masa-masa awal kuliah, Selamat beradaptasi!!!

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat NaOH 10%

TEORI ASAM BASA

Minyak dan Lemak Apa Bedanya?